Resep Kue Nagasar Sederhana Tanpa Oven - Teka 14

Teka 14

Blog berbagi informasi

Breaking

Home Top Ad

Ahad, 28 Januari 2018

Resep Kue Nagasar Sederhana Tanpa Oven

Kue nagasari ini menjadi salah satu jenis kue tradisional yang berasal dari Jawa. Masyarakat sering menjadikan kue ini sebagai camilan untuk bayi atau balita. Tekstur yang lembut dan halus menjadikan kue ini sangat cocok untuk mereka. Dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan sering juga dijual di Pasar sebagai jajanan kue basah. Resep kue nagasari termasuk resep kue sederhana tanpa oven, karena memasaknya pun dengan cara dikukus.

Biasanya disajikan untuk acara-acara tertentu sebagai kudapan lezat nan sederhana. Cara membuatnya sangat mudah, bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit dicari. Bagi kamu yang belum mengetahui resep kue nagasari dan ingin membuatnya, simak ulasan lengkap di bawah ini.

Bahan:
• Tepung beras, 200gram.
• Gula pasir, 200gram.
• Santan kelapa, 500gram.
• Garam halus, ½ sendok teh.
• Vanili bubuk, ¼ sendok teh.
• Daun pandan, 3 lembar.
• Pisang kepok atau pisang lain yang kamu sukai.
• Daun pisang secukupnya sebagai pembungkus kue nagasari.

Sebelum mengeksekusi semua bahan di atas, sebaiknya kamu persiapkan terlebih dahulu daun pisang dan pisangnya. Cuci daun pandan dengan air mengalir hingga bersih. Kupas pisang, kemudian potong-potong sesuai selera. Jangan lupa bersihkan daun pisang dari debu dan kotoran yang menempel. 

Resep Kue Nagasari
  1. Siapkan wadah untuk adonan, tuangkan santan ke dalam wadah tersebut.
  2. Masukkan vanili bubuk, garam, gula pasir dan daun pandan. Kemudian aduk secara merata. 
  3. Setelah bahan di atas tercampur secara merata, siapkan panci. Masukkan bahan yang sudah dicampurkan tadi ke dalam panci. Rebus menggunakan api sedang hingga santan mendidih sambil diaduk-aduk.
  4. Matikan api dan angkat rebusan santan jika sudah mendidih.
  5. Kemudian masukkan tepung beras ke dalam wadah. Tuangkan rebusan santan panas ke dalam wadah tersebut.
  6. Aduk secara merata hingga adonan tercampur sempurna dan pas rasanya. Kamu bisa mencicipi sedikit rasanya, barangkali kurang manis atau kurang bahan yang lainnya.
  7. Ambil 1-2 sendok adonan yang sudah dibuat tadi. Letakkan di ats daun pisang. Beri potongan daun pandan di tengah-tengahnya. Kemudian bungkus dengan rapi. Jika belum bisa cara membungkusnya, tanyakan kepada ibu atau nenekmu.
  8. Siapkan alat pengukusan. Kukus adonan yang sudah dibungkus hingga benar-benar matang. Jika dirasa sudah matang, kamu bisa mengangkatnya dan mendinginkan di piring saji.
  9. Sajikan kue nagasari dengan kue yang lainnya. 
Jika kamu memiliki bayi, bisa juga membuat kue nagasari tanpa potongan pisang di dalamnya. Rasanya tidak kalah enak dan bayi pasti tetap menyukainya. Biasanya kue tradisional ini banyak dijual untuk camilan di pagi hari. Demikian ulasan resep kue nagasari yang lembut dan lezat, kue tradisional yang tak hilang oleh zaman. Semoga Bermanfaat. 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan