Our social:

Khamis, 2 Mac 2017

Konsultasikan Alergi Obat dengan Dokter Anda Agar Cepat Sembuh

Setiap orang memiliki alergi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, termasuk untuk alergi obat ini. Jika Anda memiliki alergi obat, lebih baik Anda konsultasikan alergi dengan benar pada dokter. Tidak semua orang akan mengalami reaksi alergi yang dikarenakan oleh obat. Para pakar pun menduga jika terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko ini. Faktor yang dapat meningkatkan resiko dari alergi obat ini seperti peningkatan penggunaan berkepanjangan pada obat tertentu, pernah memiliki jenis alergi yang lain dan memiliki penyakit yang menyebabkan tubuh menjadi rentan terkena alergi obat.
foto: pengobatanalergi.com
Sama seperti penyakit yang lainnya, tahap awal dari diagnosis alergi ini ialah dengan memeriksa kondisi kesehatan Anda. Terlebih saat kemunculan gejala. Nantinya, dokter akan menanyakan apa obat yang baru saja Anda konsumsi, dan seperti apa tingkat keparahan dan perubahan gejala yang dialami. Bila diperlukan dokter akan mengajukan pemeriksaan secara mendetail.

Berikut berbagai macam pemeriksaan mendetail untuk alergi obat, seperti:

  1. Tes kulit. Obat yang dicurigai bisa menyebabkan alergi akan di gunakan di kulit terlebih dulu dengan menggunakan jarum atau suntikan. Hasil positif bisa memperlihatkan kulit menjadi memerah, atau pun muncul benjolan. Bila hal ini terjadi, Anda pasti memiliki alergi pada obat tersebut,
  2. Tes darah. Tes ini sebenarnya jarang digunakan karena tingkat akurasi nya terbatas, namun bila dokter menduga terdapat reaksi yang parah jika tes kulit dilakukan, tes darah lah yang menjadi pilihan.

Setelah Anda konsultasikan alerginantinya dokter spesialis alergi anak akan melakukan penanganan utama untuk alergi ini dengan meredakan gejala yang dialami. Langkah ini dapat dilakukan dengan berhenti menggunakan obat yang bisa menyebabkan alergi. Pemberian obat seperti antihistamine akan disarankan agar dapat menghalangi unsur kimia sistem kekebalan tubuh ketika reaksi terjadi. Untuk reaksi alergi obat yang terjadi sangat serius, dokter akan menggunakan corticosteroid. Untuk yang mengalami anaphylaxis, penderita memerlukan penanganan secepatnya dengan menggunakan suntikan. Pasien lebih baik menjalani perawatan di rumah sakit agar memperoleh bantuan pernapasan serta untuk menstabilkan tekanan darah.



0 komentar:

Catat Ulasan