Our social:

Selasa, 3 Januari 2017

Tanoto Foundation Membangun Bangsa Dari Kawasan Pedesaan

Indonesia pernah mengalami jatuh bangun dalam ekonomi. Saat membaca artikel ini, mungkin Anda sendiri tidak ikut merasakan bahwa pada tahun 1970-an ketika harga minyak mentah melesat, negeri kita berkembang pesat. Namun, begitu harganya turun, penurunan ekonomi dirasakan secara drastis.

Begitu pula halnya ketika harga komoditi terpuruk seperti saat ini. Perekenomian Indonesia terkena imbasnya. Laju pertumbuhan ekonomi terhambat dan nilai mata uang Rupiah ikut terseret turun.

Pemimpin negara menyikapi naik-turun perekonomian dengan mengajak semua pihak untuk mengubah paradigma berpikir. Indonesia terus meningkatkan upaya untuk mengubah perekonomian yang berbasis konsumsi menjadi perekonomian berbasis produksi.

Tanoto Foundation sangat mendukung langkah tersebut. Secara khusus, anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Anderson Tanoto, menyatakan bahwa ia bersama dengan Tanoto Foundation turut berkontribusi dengan membangun bangsa lewat peningkatan kualitas masyarakat di pedesaan.
(Foto: Tanoto Foundation)
Anderson Tanoto menyatakan kawasan pedesaan tidak bisa lagi dianggap remeh. Jumlah penduduk Indonesia yang tinggal di sana mencapai 48 persen, ini jumlah yang sangat besar. Putera salah seorang pengusaha sukses Indonesia, Sukanto Tanoto, menilai bahwa peningkatan perekonomian di pedesaan mampu mendorong kemajuan bangsa.

Untuk melakukannya, Anderson Tanoto menilai ada dua langkah yang dapat diambil. Pertama, peningkatan kualitas sumber daya manusia di sana karena saat ini tingkat pendidikan warga di pedesaan terbilang rendah. Kedua, harus ada perluasan sektor manufaktur di kawasan pedesaan dengan menggandeng masyarakat desa.

“Daerah pedesaan  bukanlah sekadar peninggalan perekonomian kolonial masa lalu. Ini adalah pintu untuk masa depan cerah bagi sebuah negara merdeka yang menjadi bagian dari grup ekonomi G20 yang tengah menanjak,” ucap Anderson Tanoto.

Selama ini, Tanoto Foundation yang didirikan oleh Sukanto Tanoto telah aktif berkiprah di daerah pedesaan. Secara khusus, mereka menggarap daerah-daerah tertinggal lewat tiga pendekatan, yakni pendidikan, peningkatan kualitas hidup, dan pemberdayaan masyarakat.

Dari segi pendidikan, Tanoto Foundation juga tetap rutin memberikan beasiswa Tanoto Foundation yang dapat dimanfaatkan oleh warga desa untuk mengakses pendidikan yang lebih baik. Selain itu, Tanoto Foundation juga rutin memperbaiki dan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan di daerah-daerah pedesaan. Bidang garapannya paling banyak ada di daerah Riau, Jambi, dan Sumatera Utara.

Sedangkan untuk memberdayakan masyarakat, Tanoto Fundation kerap menggandeng berbagai mitra yang merupakan ahli di bidangnya seperti berbagai perusahaan Sukanto Tanoto untuk meningkatkan kemampuan warga pedesaan supaya bisa hidup mandiri.

Salah satu contohnya adalah dengan melatih warga desa dengan keterampilan khusus, memberikan pendampingan, hingga mereka dapat menjalankan bisnisnya dan menjadi mitra perusahaan. Hasilnya banyak mitra binaan perusahaan Sukanto Tanoto yang sukses menjadi pengusaha andal.

Selain itu, Tanoto Foundation juga sering menggandeng perusahaan Sukanto Tanoto sebagai mitra dalam upaya pembenahan kualitas hidup masyarakat, seperti pembuatan fasilitas air bersih maupun jalan agar kawasan pedesaan semakin berkembang agar Indonesia terdorong untuk maju.

0 komentar:

Catat Ulasan